MERANCANG HIDUP DENGAN MENULIS

Hidup Terasa Jenuh? Menulislah!!!

Hari ini adalah hari yang paling menjenuhkan, hari ini adalah hari yang paling membosankan seumur hidupku, hari ini, hari ini dan hari ini (bla bla bla).

Terkadang hidup kita memang terasa menjenuhkan, sehingga titik nol kejenuhanpun terjadi. Dalam menjalani hidup terasa kurang bersemangat, lebih parahnya tidak tahu arah kemana harus berjalan. "Ke arah mana lagi harus kulangkahkan kakiku ini, wahai Tuhan???"

Tentunya banyak sekali yang menyebabkan hidup seseorang mulai menjenuhkan, dan kebingungan harus bagaimanakah mengungkapkannya. Terdapat beberapa bahkan banyak orang yang merasa hidupnya mulai menjenuhkan, tidak teratur, karena tidak adanya sebuah jadwal. Terlalu banyak memiliki waktu kosong adalah menjadikan tidak efektif sehingga hidup cepat terasa jenuh. Begitu pula terlalu memiliki banyak aktifitas juga akan membuat hidup terasa cepat berlalu dan fokus hidup hanya pada kegiatan, kegiatan dan kegiatan itu saja, dan hal inipun juga akan membuat hidup menjadi jenuh. Setiap orang yang memiliki banyak aktifitas tentunya akan terasa kurang waktu untuk bersantai dan istirahat cukup. Sedangkan orang yang terlalu banyak waktu kosong atau waktu luang terasa banyak waktu untuk bersantai. Namun kedua keadaan ini akan terasa menyenangkan jika kita mampu menyikapinya dengan sebaik-baiknya.

Dua keadaan di atas tadi adalah dua sisi berbeda namun memiliki titik temu yang sama yaitu kejenuhan. Berawal dari hidup yang rentan dengan kekosongan waktu hingga mulai beranjak mencari-cari aktifitas, kegiatan demi kegiatan. Katakanlah pengangguran yang kemudian berusaha ke sana kemari untuk mencari aktifitas atau pekerjaan. Di awal mendapatkan pekerjaan mungkin terasa semangat dalam aktifitasnya, apalagi antara pekerjaan dan hasilnya sangatlah cocok dengan yang diinginkan. Di hari kedua akan lebih semangat lagi, dan masih semangat lagi, namun bagaimana ketika  sampai seminggu, sebulan bahkan setahun dan seiring dengan berjalannya waktu maka titik kejenuhan pun akan mulai datang menghampiri. Dan suatu hal yang menjadi sulit adalah bagaimana kita bisa menjaga diri untuk sesuatu yang telah susah payah kita dapatkan dan menjaganya untuk tidak segera mungkin terasa jenuh dengan segala aktifitas kita.

Namun, kesemuanya itu kembali pada bagaimana kita menyikapinya. Agar dalam kita beraktifitas tidak cepat terasa jenuh, salah satu caranya adalah bagaimana kita membuat jadwal atau menjadwal kegiatan kita. Di manapun, kapanpun, dan dalam agenda apapun akan lebih terasa enak untuk dijalani jika mampu kita jadwal secara teratur. Bukan berarti dengan menjadwal, maka kita akan mengatur atau lebihnya mengekang hidup kita, akan tetapi bagaimana jika hidup kita bisa lebih efektif dan teratur sehingga apa yang kita cari dapat menjadi kenyataan. Di sinilah MENULIS akan menjadi juga lebih berguna dan menyatakan keikutsertaannya sekaligus berperan pada setiap apa yang kita lakukan. Dengan menulis, hidup kita akan lebih teratur, lebih terencana, lebih efektif dan akan terasa lebih mudah dan fokus. Yakin bahwa sudah banyak orang yang membuktikan dan mendapatkan hal tersebut. Sekarang, giliran siapa?? Siapa lagi kalau bukan aku, kamu, kita?? Semuanya!!!! NOW!!

Baca Juga:

0 komentar:

Post a Comment