SUKAILAH MENULIS


SUKAILAH MENULIS

Menulis bisa membuat gila?
Menulis membosankan?
Atau bingung mau nulis apa?
Banyak orang yang mengatakan kalau menulis dianggap membosankan. Buang waktu hanya untuk sebuah tulisan yang nantinya belum tentu dibaca, disukai atau dinikmati orang lain. Boleh saja berpendapat seperti itu karena setiap manusia memiliki kepentingan dan keinginan yang sendiri-sendiri dan berbeda dengan menulis. Mereka yang telah menganggap menulis itu tidak penting, saya mohon untuk sekarang berfikir dan berfikir lebih dalam dan lebih dalam lagi terkat  apa arti tulisan dan mengapa banyak orang menulis bahkan bisa menulis. Jawabannya memang berbeda-beda, mulai dari sekedar hobi, pengembangan bakat, mengekspresikan pikiran dan perasaan, tuntutan pekerjaan dan ada jawaban yang paling “menjual” bisa mempengaruhi dan mengubah pikiran orang lain atau menginspirasi orang lain. Lalu apa sebenarnya yang menarik dari kegiatan menulis? Adakah manfaat menulis untuk kita?
MENULISLAH!!!
Selama Anda tidak Menulis,
engkau akan hilang dari pusaran sejarah
-Pramoeddyaananla tour-

Manfaat Menulis
Praktis,  berdasarkan praktik, apa yang kita alami bisa tertuang secara mudah dan senang. Dan disinilah kita akan mampu membedakan mana antara kebutuhan dan keinginan. Catatlah.
Psikologis, secara psikologis menulis bisa membuat kita sehat bahkan membuata kita mampu mengontrol diri. Melepaskan segala persoalan hidup. Siapa saja yang sedang GALAU, sedang bermasalah, TULISLAH persoalan anda! Dan akan menjadi cerita di masa yang akan datang.
Metodologis, menulispun ternyata akan melatih kita untuk berfikir metodologis,melatih kita berfikir secara teratur  untuk melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yangg dikehendaki, bahkan untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan .
Filosofis, berdasarkan filsafat, dalam artian melatih kita untuk berfikir lebih dalam lagi tentang sesuatu.
Pendidikan, secara langsung menulis akan mempengaruhi kita untuk melakukan proses belajar. Maka sesering kali kita menulis, sesering itu pula kita telah melakukan proses belajar.
Ekonomis, yang mungkin lebih menarik adalah bagaimana menulis mampu memberi penghidupan.
Seseorang akan merasakan keunikan dari kegiatan menulis ketika kita mampu menikmati kegiatan itu ( mungkin saya termasuk orang yang sangat menikmati kegiatan menulis). Keunikan pertama adalah bisa memuaskan batin bahkan memberikan pengaruh bagi pola hidup si penulis.  Secara aktivitas, menulis memang membutuhkan waktu yang kadang-kadang tak sedikit, bisa berjam-jam, berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Apalagi jika tulisan yang dibuat bersifat riset ilmiah atau sebuah discovery, waktu yang dibutuhkan bisa bertahun-tahun. Tetapi, proses itu akan terasa begitu berharga ketika hasil itu diapresiasi dan memberi banyak manfaat bagi diri sendiri khususnya dan semua orang pada umumnya. Sebuah kepuasan yang tidak terbeli dengan tidak  ternilai material. Kepuasan batin ini akan memberikan pengaruh positif terhadap kondisi mental si penulis. Misalnya, bisa memotivasi kreativitas dan rasa percaya dirinya untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik.
Menulis membuat orang GILA
Keunikan lain dari  menulis adalah bisa membuat orang gila. Gila disini adalah gila membaca dan gila pengetahuan. Karena seseorang ketika menulis itu pasti membutuhkan ide, masalah dan tujuan. Demi mengasah imajinasi untuk menemukan ide-ide gila dan mengembangkan cerita pada tulisannya, kita akan rela untuk gila membaca dan gila pengetahuan. Orang juga bisa segila mungkin menggali pengalaman individual dan sosial untuk menemukan masalah serta data-data pendukung tulisan, memiliki semangat, kemauan dan strategi yang gila untuk menuangkan ide, merumuskan dan mencapai tujuan dari tulisannya bahkan menjadi gila kerja untuk menghasilkan karya yang luar biasa.
Ada yang lebih unik lagi dari menulis
Sejumlah orang yang harus menulis terlebih dahulu agar ia bisa tertidur. Ini membuktikan adanya koneksi antara kepuasan hati dengan ketenangan pikiran dengan mengekspresikan dorongan hasrat dan imajinya. Karena itu saya tegaskan bahwa menulis itu bisa membuat gila, maksudnya adalah menggilai aktivitas itu sendiri.
Tips dan trik mudah menulis bagi pemula
Menulis ? anda masih binging untuk menulis? Sekalian saya beri tahu tips dan trik buat para pemula. Buat teman-teman yang masih bingung mau menulis, bingung memulai untuk menulis, obatnya adalah 3N.
Apa 3N itu?
Niteni,  banyak orang yang benar sudah ahli dalam hal menulis, lihatlah dan simaklah bagaimana mereka bisa menulis.
Nerokne, dalam aartian bukan 100% meniru atau njiplak (copy-paste), akan tetapi tirulah bagaimana seseorang yang ahli menulis bisa menulis, meniru dari tulisan orang lain dalam hal substansial, artinya bacalah dan tuangkanlah dalam bahasa anda sendiri.
Ngembangne, memang awalnya anda sedikit mengadopsi dan meniru karya orang lain, namun alangkah baiknya kalau juga anda kembangkan sendiri tulisannya. Dan akhirnya anda akan terbiasa mengembangkan tulisan dengan menemukan jargon-jargon sebagai kunci utama.
Anda tidak percaya?? Silahkan anda coba sendiri!
“Setiap diri kita adalah penulis untuk diri dan kehidupan kita karena hanya kita yang benar-benar mengerti siapa diri kita”
Ditulis Oleh : M. Zainudin
PGMI 6B STAIN Tulungagung
Seusai mendapat matakuliah jurnalistik Oleh Dr. Ainun Na’im
Jum’at 20 April 2012

0 komentar:

Post a Comment