Membuat Kotak Ucapan Selamat Datang Dan Selamat Tinggal Di Blogspot

Dalam sebuah kegiatan dan setiap kali akan melakukan sebuah aktifitas, alangkah lebih baiknya kalau kita berikan sambutan yang baik, semisal dengan niatan yang tulus, doa dan kesungguhan. Karena dengan sambutan yang baik, maka insyaallah juga akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Sama halnya setiap orang yang sedang bertamu, maka juga akan terasa nyaman jika awalnya mendapatkan sambutan yang baik, begitu pula dalam ranah teknologi dan dunia maya, dan dalam postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimna kita memberikan sambutan yang baik buat para pengunjung Blog, atau yang sering orang kenal dengan kotak dialog berisi sambutan “selamat datang dsb”. 

Baiklah, langsung saja menuju ke TKP, terkait membuat kotak dialog ucapan selamat datang (pada saat pengunjung membuka blog anda) dan ucapan selamat tinggal (saat pengunjung akan menutup blog anda). Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda login dulu ke akun Blogger anda, kemudian pilihlah Desain, lalu Klik Layout-Edit HTML. Setelah itu silahkan anda cari kode <head>, kemudian silahkan anda masukkan script berikut ini tepat di bawah kode <head> tadi, 
 <script type='text/javascript'>
alert(&quot;Selamat datang di blog saya. untuk melanjutkan, Silahkan Klik OK.  eits,,,Jangan lupa  komennya&quot;)
</script>



Kalau ada “ucapan selamat datang” tentunya pasti ada juga ucapan “selamat tinggal”, lalu bagaimana menampilkan pesan jika halaman blog ditutup pengunjung, dan kita ingin menampilkan pesan untuk pengunjung sebelum mereka pergi jauh meninggalkan blog kita?

Begini caranya:

  • Masih dalam mode Edit HTML tadi dan dengan cara yang sama seperti di atas tadi, hanya saja beda scriptnya, masukkan script berikut di bawah kode <head> atau juga bisa di bawah script pesan pembuka tadi,
<script type='text/javascript'>
// goodbye alert
function goodbye(){
alert(&#39;Hayoo mau kemana?????   oke lah,, salam sejahtera,,,..Besok mampir lagi yaa.. &#39;);
}
parent.window.onunload=goodbye;
</script> 

NB: Tulisan yang berwarna biru silahkan anda ganti dengan kata-kata sesuka hati anda semua. 

Oke, sementara itu saja dulu yang bisa saya sampaikan, sedikit namun semoga bisa memberikan manfaat.

1 comment:

  1. Min ko pas ucapan selamat tinggalnya gagal ya? Ane Taro di bawah script selamat datang tapi gk bisa

    ReplyDelete