Sampai saat ini facebook benar-benar fenomenal, dimulai ari beberapa tahun silam saat awal peluncuran facebook atau jejaring sosial ini sudah mencapai 150 juta lebih. Mark Zuckerberg adalah penemu faebook. Dia adalah seorang mahasisa Universias Harvard. Keanggotaan facebook pada awalnya dibatasi hanya untuk siswa dari Harvard College. Namun dalam dua bulan selanjutnya, kenaggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern dan semua sekolah yang termasuk dalam lvy League. Banyak sejumlah perguruan tinggi lainnya yang bertambah menjadi keanggotaan facebook dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya orang-orang yang memiliki alamat email suatu universitas dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Sejak 11 September 2006 situs jejaring sosial ini mulai dikembangkan pula untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Orang-orang dengan alamat email apapun bisa bergabung dan mendaftar di facebook, dapat pula memilih untuk bergabung dengan satu atau beberapa jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja atau wilayah geografis. Sampai pada tahun 2007, situs ini memiliki jumlah anggota pengguna terdaftar paling besar diantara situs-situs yang lainnya. Peringkatnya semakin naik dari posisi ke posisi di atasnya, merupakan situs yang paling banyak dikunjungi, situs nomor satununtuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dll.
Berkat penemuannya yang jenius itu, Mark saat ini termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia, kekayaannya kini diteksir sebesar 15 miliar dolar AS. Dia juga masuk ke daftar Forbes sebagai orang terkaya ke – 785 se dunia. Mark hari ini masuk dalam urutan nama orang yang paling berpengaruh dalam dunia industri berteknologi tinggi. Demikian hasil penilaian sebuah panel sekumpulan pakar dari agenda pertemuan VIII Setter pool oleh Silicon.com. agenda Setter fokus 50 orang yang mengubah wajah industri teknologi di tahun 2007 dan merupakan tolok ukur sukses di industri IT.
Di Indonesia
Semenjak facebook booming, banyak yang kemudian meninggalkan account friendsternya dan berganti menggunakan facebook. Situs ini mampu menjadi simol atau lambang gaul masyarakat modern. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 645% pada tahun 2008 dan Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tercepat di facebook. Lebih hebat lagi, 831 ribu orang Indonesia yang ada di facebook ternyata baru mewakili 0,4% dari jumlah total penduduk Indnesia. Pad atahun 2007, didapati penambahan lebih ari 200 ribu account baru per harinya. Lebih dari 25 juta user pengguna aktif facebook. Rata-rata user menghabiskan waktu mulai 19-60 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di facebook.
Semenjak facebook booming, banyak yang kemudian meninggalkan account friendsternya dan berganti menggunakan facebook. Situs ini mampu menjadi simol atau lambang gaul masyarakat modern. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 645% pada tahun 2008 dan Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tercepat di facebook. Lebih hebat lagi, 831 ribu orang Indonesia yang ada di facebook ternyata baru mewakili 0,4% dari jumlah total penduduk Indnesia. Pad atahun 2007, didapati penambahan lebih ari 200 ribu account baru per harinya. Lebih dari 25 juta user pengguna aktif facebook. Rata-rata user menghabiskan waktu mulai 19-60 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di facebook.
Tujuan Pembuatan Facebook
Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta dimana Zuckerberg lulus tahun 2002. Ini mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh siswa disebut sebagai "The Facebook". Direktori foto semacam itu merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka.
Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Sebuah inspirasi awal Facebook mungkin berasal dari Phillips Exeter Academy, sekolah tinggi swasta dimana Zuckerberg lulus tahun 2002. Ini mempublikasikan direktori mahasiswa sendiri, buku angkatan yang oleh siswa disebut sebagai "The Facebook". Direktori foto semacam itu merupakan bagian penting pengalaman sosial bagi kebanyakan siswa di sekolah swasta. Dengan hal tersebut, siswa dapat mendaftar berbagai hal seperti tahun angkatan, kedekatan mereka dengan teman-teman, dan nomor telepon mereka.
Setelah kuliah, Facebook dimulai dari hanya sebagai "barang Harvard" sampai akhirnya Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan ke sekolah lain, mendaftar dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka pertama kali dimulai dari Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Brown, dan Yale, dan kemudian di sekolah lain yang memiliki kontak sosial dengan Harvard University. Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang menginvestasikan pada perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama mereka di pertengahan tahun 2004. Menurut Zuckerberg, mereka berencana untuk kembali ke Harvard tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California. Mereka telah menolak tawaran oleh perusahaan besar yang akan membeli Facebook. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2007, Zuckerberg menjelaskan alasannya: Ini bukan soal uang. Bagi saya dan rekan saya, hal yang paling penting adalah bahwa kita menciptakan aliran informasi yang terbuka untuk orang-orang. Perusahaan media yang dimiliki oleh konglomerat hanya bukan ide menarik bagi saya. Dia mengungkapkan kembali tujuan-tujuan yang sama kepada majalah Wired pada tahun 2010: "Yang saya pedulikan adalah misi, membuat dunia terbuka." Sebelumnya, pada bulan April 2009, Zuckerberg meminta nasihat dari mantan CFO Netscape Peter Currie tentang strategi pembiayaan untuk Facebook.
Pada tanggal 21 Juli 2010, Zuckerberg melaporkan bahwa perusahaan mencapai angka 500 juta pengguna. Ketika ditanya apakah apakah bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak dari iklan sebagai hasil dari pertumbuhan yang fenomenal, ia menjelaskan: Saya kira kami bisa ... Jika anda melihat berapa banyak halaman kami diambil untuk porsi iklan dibandingkan dengan rata-rata permintaan pencarian. Rata-rata bagi kita adalah sedikit kurang dari 10 persen dari halaman, dan rata-rata untuk pencarian adalah sekitar 20 persen yang diambil dengan iklan. Itu hal sederhana yang bisa kami lakukan. Tapi kami tidak seperti itu. Kami menghasilkan cukup uang. Benar, maksud saya, kita menjaga hal-hal berjalan, kita tumbuh pada tingkat yang kita inginkan.
Sumber: berbagaisumber.com, wikipedia, dsb.
Sumber: berbagaisumber.com, wikipedia, dsb.
0 komentar:
Post a Comment